WELCOME TO MY BLOG

Welcome To My Blog

Kamis, 09 Juni 2011

Makalah Jejaring Sosial

Bab I
Pendahuluan

1.1 Latar belakang
Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, penyebaran informasi serta akses telekomunikasi semakin cepat dan mudah. Tidak dapat dipungkiri hal tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak bagi masyarakat, baik itu berdanpak positif maupun negatif. Dampaknyapun tidak terbatas terhadap kalangan tertentu saja, namun telah meluas ke semua kalangan baik kalangan terpelajar maupun yang bukan terpelajar.
Internet merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologo buatan manusia. Dan salah satu kemajuan ilmu teknologi itu adalah munculnya berbagai situs jejaring sosial sebagai media informasi. Hal ini tentu membuat kita mendapatkan informasi lebih cepat.
Situs jejaring sosial di internet bermacam-macam jenis dan bentuknya, namun yang paling dikenal dan banyak digandrungi remaja jaman sekarang adalah Facebook, Friendster, my space, dan twitter. Lalu, apakah situs jejaring sosial ini mendatangkan manfaat sebagai media informasi?


1.2 Tujuan
    Melalui penulisan makalah ini tujuan yang ingin dicapai oleh penulis yaitu, agar pembaca tahu bahwa jejaring sosial juga dapat menjadi alternative dalam mendapatkan berbagai sumber informasi.

1.3 Batasan Masalah
      Adapun Batasan masalah dari penulis makalah ini adalah :
- Pengertian jejaring sosial.
- Manfaat jejaring sosial.
- Dampak buruk jejaring sosial.
- Study Kasus.








Bab II
Pembahasan
2.1 Pengertian

    Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

2.2 Manfaat Jejaring Sosial
Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa jejaring sosial di kaitkan dengan pengaruh yang negatif. Jejaring sosial dapat bermanfaat jika kita menggunakannya untuk hal-hal yang positif. Banyak hal positif yang di dapat antara lain yaitu:
-Sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan teman. Dengan jejaring sosial kita dapat berkomunikasi dengan orang lain meski jarang bertemu.
-Sarana untuk berbagi. Maksudnya yaitu kita dapat berbagi pengalaman hidup atau suatu informasi yang kita dapat.
-Sarana untuk berekspresi. Yaitu kita dapat menulis bebas baik berupa puisi, pantun, ataupun sebuah artikel.
-Sebagai sarana untuk promosi yaitu Kita dapat mempromosikan barang dagangan yang akan kita jual lewat facebook maupun blog pribadi.
-Sebagai sarana diskusi
-Sebagai tempat curhat

2.3 Dampak Negatif jejaring sosial
Walaupun jejaring sosial mempunyai banyak manfaat, tetapi jejaring sosial mempunyai dampak negatif. Adapun dampak negatif dari jejaring sosial, yaitu:
-Banyak orang yang menggunakan jejaring sosial dengan waktu yang tidak sebentar, sehingga waktu kita terbuang sia-sia.
-Menghabiskan banyak uang untuk pergi ke warnet atau membeli pulsa telpon untuk facebook via hp.



2.4 Ancaman Jejaring sosial
kecanduan jaringan sosial internet merupakan ancaman yang benar-benar ada. “Facebook adalah tempat yang menyenangkan. Anda tak perlu berurusan dengan hal-hal yang merepotkan,” kata Joanna Lipari, psikolog University of California, Los Angles.
Memang dampak negatif jaringan sosial internet belumlah setragis dampak negatif narkoba. Atau secara psikologis belum mampu membuat semangat orang terpuruk, seperti para caleg yang depresi karena tidak terpilih. Namun ancaman ini benar-benar nyata. Seorang ibu di Amerika Serikat (tidak disebutkan identitas aslinya) mengatakan bahwa anaknya menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain di jaringan sosial internet. Panggilan, bahkan e-mailnya, tidak diindahkan sama sekali.
Ada lagi kisah pasangan suami istri yang harus berpisah hanya karena salah satu dari mereka berhubungan via jaringan sosial internet dengan mantan pacarnya. Kepada mantan pacarnya, orang itu menulis pesan bahwa pernikahannya tidaklah sebahagia yang diharapkan. Bahkan seorang anak harus mati bunuh diri hanya karena membaca tulisan seorang temannya yang sudah dewasa bahwa kehidupan orang dewasa tidaklah menyenangkan.

2.5 Study kasus & solusi
    Kehadiran media online memang sangat membantu masyarakat dalam mengakses informasi. Namun perlu diingat bahwa yang paling utama dalam jurnalisme adalah kebenaran. Menjadi cepat memang baik, tapi bukankah lebih baik menjadi cepat dan tepat? Media online manapun tidak perlu merasa resah jika tertingal dalam menyiarkan informasi dibandingkan media lain. Lebih baik dipercaya masyarakat menjadi yang paling akurat dari pada cepat tapi tidak benar. Pengguna facebook dan twitter pun tidak ikut memberikan informasi HOAX yang belum terjamin kebenarannya. Sehingga, masyarakat tidak mendapatkan dampak negatif dari pemberitaan yang salah itu.

    Seperti halnya tentang jejaring sosial itu sendiri… FACEBOOK. Beberapa bulan yang lalu sangat ramai dibicarakan di berita tentang Facebook akan ditutup. Cukup heboh, baik di Facebook sendiri mauoun di twitter.


    Berita ini pertama kali saya dengar dari facebook itu sendiri. Berderetan status teman saya yang membahas tentang facebook yang akan ditutup pada tanggal 15 Maret 2011 oleh pendirinya. Pada saat tanggal 15 maret 2011, saya tersenyum lebar. Karena akun saya masih bisa dibuka dan Facebook itu sendiri tidak ditutup. saya mencoba mencari tahu sumber beritanya dari mana, ternyata berita itu bersumber dari website parodi (ini sumber berita HOAX-nya: http://weeklyworldnews.com/headlines/27321/facebook-will-end-on-march-15th/).
    Melihat sumber tersebut saya tersenyum saja karena web tersebut sudah terkenal dengan berita-beritanya yang sensasional karena memang sifatnya parodi dan satir, jadi dapat dipastikan bahwa berita itu tidak benar, tapi kebenaran dari kasus itu sepenuhnya ada di tangan Mark, si pemilik Facebook.
    Solusinya adalah jangan terlalu mudah percaya akan sebuah informasi, apalagi dari WWN(weeklyworldnews.com). Sebaiknya sebelum percaya dengan informasi yang tersebar, ada baiknya kita mencari kebenaran sumber informasi tersebut.








Bab III
Penutup

3.1 Kesimpulan
Walaupun jejaring sosial memiliki banyak manfaat, tetapi juga memiliki dampak yang buruk bagi kita. Kita juga dapat menemukan bahkan memberikan informasi kepada siapa saja yang membutuhkan. Jejaring sosial juga penting dalam kehidupan kita sehari-hari.
3.2Saran
Dalam pemakaian jejaring sosial kita harus pintar-pintar agar tidak mendapatkan masalah, juga tidak mudah tergoda dalam situs-situs yang menggiurkan. Dianjurkan dalam mengunakan jejaring sosial agar tidak melakukan hal-hal yang berbentuk kriminalisme dan jangan percaya informasi yang belum terbukti. Maka dari itu gunakanlah media jejaring sosial dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar